Cara Membuat Kue Lapek Bugis Yang Enak

Kue lapek bugis ini berasal dari sumatera barat, kue ini salah satu jajanan tradisional dan kue ini cukup terkenal dan populer sekali di kalangan masyarakat sumatera barat, rasa yang khas dari kue lapek bugis ini adalah rasa yang manis legit dan menggugah selera sekali, apalagi isinya yang begitu khas sekali dengan kelapa parut dicampur dengan gula pasir yang menjadikan kue lapek bugis ini semakin enak dan terkenal sekali, saking terkenal nya kue lapek bugis ini banyak sekali peminatnya, bahkan sampai berbondong-bondong mencari kue lapek bugis ini, sekarang mari kita simak resep lapek bugis-nya:

Cara Membuat Kue Lapek Bugis, resep kue lapek bugis yang enak

Bahan yang dibutuhkan utnuk membuat kue lapek bugis
bahan untuk kulit
- Sediakan 125 gram tepung ketan putih
- Sediakan 250 gram tepung ketan hitam
- Sediakan 300 ml santan cair dari 1/2 butir kelapa, kemudian didihkan
- Sediakan daun pisang untuk membungkus
bahan unutk isi
- Sediakan 200 gram gula pasir
- Sediakan 1/2 sdt vanili
- Sediakan 150 ml air
- Sediakan 1/2 sdt garam
- Sediakan 350 gram kelapa parut dari 1 butir kelapa setengah tua, kupas parut kasar
kuah [dicampur menjadi satu]
- Sediakan 350ml santan kental dari 1 butir kelapa
- Sediakan 1/8 sdt garam

Cara membuat kue lapek bugis yang enak
untuk kulit
1. campurkan tepung ketan hitam dan putih dengan garam, tuangkan santan cair yang sudah di didihkan , uleni hingga adonan kalis dan bisa dibentuk, bagi adonan menjadi 30 bagian
untuk isi
2. campurkan kelapa parut, gula vanili, air dan garam, jerang diatas api yang kecil, aduk hingga air habis, bagi adonan kelapa menjadi 30 bagian
penyelesaian
3. pipihkan adonan tepung ketan, masukan adonan kelapa parut ditengah-nya, tutup dan bentuk membulat
4. siapkan daun pisang beri 2-3 sendok makan kuah santan yang sudah dicampur garam, masukan adonan ketan berisi kelapa tadi, bungkus rapi dan sematkan, kukus selama 45 menit hingga matang.

Resep kue lapek bugis ini sudah selesai, sekarang tinggal anda uji coba saja, dan resep ini hanya menghasilkan 30 buah saja, dan cukuplah jika untuk satu acara arisan dirumah, demikian lah resepnya selamat mencobanya terimakasih.