Cara Membuat Surabi Oncom Yang Enak

Pada artikel yang sebelumnya kami sudah membagikan berbagai macam resep kue untuk bunda yang gemar sekali membuat kue, dan pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah resep yang baru untuk bunda yaitu surabi oncom, surabi oncom ini berasal dari daerah parahiyangan, dan surabi oncom ini sangat terkenal sekali di parahiyangan, dan biasanya surabi oncom ini sering disantap pada pagi hari saat sarapan, dan juga pada malam hari apa lagi ditemaninya dengan segelas kopi yang hangat em rasanya akan semakin nikmat dan mengenyangkan. kenapa surabi oncom ini bisa mengenyangkan karena bahan utamanya adalah tepung beras.

Cara Membuat Surabi Oncom, resep surabi oncom yang enak

Dan untuk bunda yang ingin menikmatinya tinggal bunda beli saja di pasar tradisional karena surabi oncom ini banyak sekali terdapat di pasar tradisional. tetapi kalau menurut saya jika kita membuatnya sendiri dirumah pasti rasanya akan lebih enak dan sangat nikmat sekali, apa lagi kalau menikmatinya pada saat kita berkumpul sama keluarga, sekarang mari kita simak resep surabi oncom-nya di bawah ini.

Bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat surabi oncom
Bahan surabi
- Siapkan 150 gram tepung terigu
- Siapkan 1 sendok makan garam
- Siapkan 500 ml santan
- Siapkan 100 gram tepung beras
Bahan sambal oncom
- Siapkan 1/2 siung bawang putih
- Siapkan 1 cm kencur
- Siapkan 1/4 sendok teh garam
- Siapkan  6 buah cabai rawit
- Siapkan 100 gram oncom, goreng, lalu tiriskan

jika bahan di atas suda semua kita dapatkan maka kita akan ketahapan yang selanjutnya

Cara membuat surabi oncom yang enak 
1. campurkan saja tepung beras, bersama tepung terigu dan garam kemudian aduk hingga semuanya rata
2. tambahkan juga santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk lalu banting-banting atau gepok adonan dan diamkan selama 1 jam
Untuk sambal oncom
3. halukan terlebih dahulu cabai rawit, bawang putih, dan kencur kemudian masukan garam, lalu tambahkan oncom yang sudah digoreng, campurkan dengan bumbu dan aduh hingga rata.
4.lalau panaskan cetakan surabi, lalau tuangkan 1 sendok sayur adonan tepung, lalu beri sambal oncom diatas-nya, lalu tutup dan masak sampai matang kemudian angkat sajikan selagi masih hangat

Demikian lah resep surabi oncomnya, nah bunda gimana gampang bukan membuatnya maka dari itu sekarang bunda coba resepnya dan segeralah praktekan dirumah selamat menikmati.