Cara membuat dodol kacang tanah yang lezat

Dodol kacang tanah ini merupakan salah satu jenis cemilan khas jawa barat. dodol kacang tanah ini sangat disukai sekali oleh setiap kalangan masyarakat. selain rasanya yang sangat lezat, dodol kacang tanah ini memiliki tekstur yang sangat kenyal. dodol yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan putih, dan kacang tanah. dodol kacang ini sebenarnya cepat gampang basi, sebab tanpa menggunakan bahan pengawet.

Cara membuat dodol kacang tanah, resep dodol kacang tanah

Membuat dodol kacang ini harus membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab membuat dodol kacang tanah ini tergolong susah-susah gampang. buat proses serta cara pembuatan-nya, kami yakin anda semua pasti dapat mempraktekkan-nya, namun prosesnya agak sedikit sulit, tetapi sederhana, Buat lebih jelasnya silahkan anda simak resep dodol kacang tanah dan langkah-langkah pembuatan-nya dibawah ini.

Bahan-bahan untuk bikin dodol kacang tanah:
- Siapkan tepung ketan putih sebanyak setengah kg
- Siapkan kacang tanah sebanyak setengah kg
- Siapkan gula pasir sebanyak setengah kg
- Siapkan gula merah sebanyak setengah kg
- Siapkan kelapa sebanyak 2 buah
- Siapkan garam serta vanili seperlunya
Cara membuat dodol kacang tanah:
1. Kacang tanah disangrai tanpa menggunakan minyak, dikupas, kemudian dihaluskan
2. Kelapa  diparut ambil santan kentalnya, kemudian masak dengan tepung ketan putih, gula, garam dan vanili, aduk-aduk hingga merata, serta masukan kacang tanah yang telah dihaluskan, lalu diaduk lagi terus menerus hingga matang, serta benar-benar mengental, jika sudah mengental angkat, lalu diamkan dulu sampai menjadi dingin.
3. Terakhir bungkus dengan sesuai selera anda.
Itulah resep dodol kacang tanah yang lezat, Gimana apakah anda sudah mengerti cara membuat dodol? jika anda sudah mengerti silahkan anda untuk mencoba membuatnya dirumah bersama keluarga anda, membuat dodol ini harus mempunyai keahlian, karena membuat dodol ini susah-susah gampang. dodol yang satu ini dibuat harus membutuhkan waktu yang lama, dan proses pembuatan-nya pun harus berhati-hati jangan terlalu buru-buru, sebab membuat dodol ini harus membutuhkan kesabaran dan ketekunan supaya hasil dan citra rasa nya lebih sederhana dan lezat.
Sekian resep dodol kacang tanah yang kami jelaskan diatas tadi, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk membuat resep dodol yang satu ini. dan jangan lupa anda simak resep-resep yang selanjutnya.