Cara membuat kue semar mendem yang nikmat

Kue semar mendem mempunyai bentuk yang sangat cantik serta menarik semisal dadar gulung. kue semar mendem ini sama sekali dengan kue lemper ketan, hanya saja ketan semar mendem tersebut dibalut dengan kulit semar mendem yang membuatnya sangat menarik serta kelihatan sangat cantik dan mewah.
Semar mendem ini adalah kue khas tradisional, yang mempunyai rasa yang lezat, nikmat, serta empuk, sampai banyak sekali disukai oleh semua masyarakat. kue semar mendem ini biasanya dihidangkan buat acara hajatan, rapat, serta cocok juga sebagai cemilan keluarga.

Cara membuat kue semar mendem, resep kue semar mendem

Asal usul dari kue semar mendem ini kami kurang tahu, tetapi jika pada cerita pewayangan, bahwa semar ini diceritakan abdi yang sangat luhur budi pekertinya. semar adalah tokoh punakawan yang jenaka. mungkin kue semar mendem ini terinspirasi pada tingkah laku semar yang jenaka.

Cara membuat kue semar ini dapat diisi dengan abon daging ayam ataupun daging sapi sesuai selera anda. kalau anda sedang mencari kue semar mendem, anda mampu memperolehnya ditoko-toko kue tradisional ataupun modern. kue semar mendem ini harganya bervariasi antara 2000 hingga 3000 rupiah. anda juga bisa untuk membuat kue semar mendem ini sendiri. Berikut ini silahkan anda simak dibawah ini resep kue semar mendem yang nikmat.

Bahan-bahan untuk bikin kue semar mendem:
- Siapkan beras ketan putih sebanyak 250 gr
- Siapkan santan kental sebanyak 250 ml ( dari satu butir kelapa)
- Siapkan daun salam sebanyak dua lembar
- Siapkan serai sebanyak 2 batang, lalu di memarkan
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
Buat isi:
- Siapkan dada ayam sebanyak 1, lalu rebus sampai matang, kemudian suwir
- Siapkan daun salam sebanyak satu lembar
- Siapkan daun jeruk sebanyak tiga lembar
- Siapkan santan sebanyak 150 ml ( dari 1/2 butir kelapa )
- Siapkan air asam jawa sebanyak 1 sendok makan
- Siapkan minyak goreng sebanyak 2 sendok makan, untuk menumis
Bumbu yang akan dihaluskan:
- Siapkan bawang merah sebanyak 5 buah
- Siapkan bawang putih sebanyak 3 siung
- Siapkan kemiri sebanyak 3 butir, lalu sangrai
- Siapkan ketumbar sebanyak 1 sendok makan, lalu sangrai
- Siapkan jintan sebanyak 1 sendok teh, lalu sangrai
- Siapkan gula pasir sebanyak satu sendok makan
Dadar buat membungkus
Aduklah sampai merata bahan bahan ini:
- Siapkan tepung terigu sebanyak 100 gr
- Siapkan telur sebanyak 4 butir
- Siapkan santan sebanyak 200 ml
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
Cara membuat kue semar mendem yang nikmat:
1. Ketan direndam kira-kira selama satu jam, cuci sampai bersih, lalu tiriskan serta kukus sekitar 15 menit, kemudian angkat.
Santan dimasak bersama serai, daun salam, serta garam, lalu masukan ketan yang sudah dikukus serta aroni sampai seluruh santan dihisap oleh ketan, kemudian angkat.
Kukus ketan sampai matang, lalu angkat.
2. Buat isi: Panaskan minyak untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, lalu masukan santan ayam, air asam, daun jeruk, seta daun salam masak sampai matang, serta santan habis, kemudian angkat.
3. Sediakan cetakan lemper, lalu baluri dengan minyak, maupun lapisi dengan 1 lembar pelastik yang bersih, lalu tuangkan setengah bagian ketan, kemudian ratakan serta padatkan. lalu angkat.
4. Dadar buat membungkus: Semua bahan dicampurkan menjadi 1 serta buat dadar tipis diwajan datar dengan ukuran 20 cm.
5. Ambil 1 lembar dadar, lalu taruh lemper ditengahnya kemudian lipat gulung semisal amplop.
Itulah resep kue semar mendem yang mempunyai citarasa yang sangat nikmat dan lezat. kue semar mendem yang telah dibungkus rapi ini kemudian dipanggang dulu sebentar, pada atas wajan anti lengket dan tidak perlu menggunakan minyak. kue semar mendem ini mampu bertahan sampai 12 jam pada suhu ruangan. Selamat mencoba membuat kue semar mendem yang kami jelaskan diatas tadi, semoga anda berhasil dan menyukainya.