Cara membuat kue talam patar cina yang lezat

Kue talam patar cina ini merupakan salah satu sajian kuliner, serta hidangan juga sangat terpopuler sekali di indonesia. kue talam patar ini mempunyai citarasa yang sangat lezat dan nikmat. kue talam patar ini merupakan cemilan, yang salah satunya terbuat dari bahan dasar tepung beras. kue talam patar ini juga mempunyai banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang tua. Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat kue talam patar cina yang lezat, dan bahan serta bumbu yang diperlukan.

Cara membuat kue talam patar cina, resep kue talam patar cina

Bahan buat lapisan bawah:
- Siapkan santan kental sebanyak 750 ml
- Siapkan daun pandan sebanyak dua lembar, lalu sobek-sobek, kemudian simpulkan
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan patar cina sebanyak 100 gr, lalu rebus sampai bening, kemudian siram dengan air dingin
- Siapkan tepung beras sebanyak 250 gr
- Siapkan tepung sagu sebanyak 100 gr
- Siapkan gula pasir sebanyak 200 gr
- Siapkan air kapur sirih sebanyak dua sendok teh
- Siapkan minyak goreng buat olesan sebanyak 4 sendok makan
Bahan buat lapisan atas:
- Siapkan santan kental yang sudah matang sebanyak 250 ml, ( dari 1/2 butir kelapa )
- Siapkan tepung beras sebanyak 50 gr
- Siapkan tepung sagu sebanyak 25 gr
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
Cara membuat kue talam patar cina yang lezat:
1. Cetakan kue talam dipanaskan dengan bervolume 50 ml, yang sudah dibaluri minyak pada panci pengukusan diatas api yang berukuran sedang dengan ditutup pembungkusan kain.
2. Untuk lapisan bawah: didihkan santan, garam, serta daun pandan, diatas api yang berukuran sedang sambil diaduk sampai mendidih, kemudian angkat serta saring jika perlu. diamkan sampai hangat.
3. Tepung beras, tepung kanji, tepung sagu, air kapur sirih, serta gula pasir diaduk hingga merata dan semua bahan tersebut tercampur menjadi satu.
4. Tuangkan sedikit demi sedikit santan yang masih hangat sambil diaduk- aduk sampai licin, saring jika perlu. lalu tambahkan patar cina, aduk-aduk hingga merata.
5. Tuangkan adonan sampai 3/4 cetakan. lalu kukus selama 20 menit sampai kue matang.
6. Untuk lapisan atas: Semua bahan lapisan atas diaduk-aduk sampai merata serta licin. saring jika perlu. tuangkan diatas adonan patar cina sampai penuh.
7. Kemudian dikukus selama 15 menit sampai kue matang. lalu angkat, diamkan sampai dingin serta keluarkan dari cetakan. kemudian sajikan.
Itulah resep kue talam patar cina yang lezat, dan menggugah selera. Semoga resep kue talam patar diatas tadi bermanfaat bagi anda semua dan dapat membantu anda untuk menyajikan makanan kue talam patar cina yang lezat dan nikmat ini.