Cara Membuat Es Selendang Mayang Yang Enak

Tau enggak sih berasal dari mana es selendang mayang?, kalau belum tahu saya akan ngasih tahu deh, es selendang mayang ini berasal dari daerah sunda yaitu betawi, selain itu es selendang mayang ini enak sekali es selendang mayang ini juga mempunyai sejarah yang unik , mungkin sebagian orang belum tau semua tentang es selendang mayang ini, sekarang jajanan tradisional ini sudah langka sekali sulit di temukan, hanya di kota besar saja yang sering saya lihat seperti di jakarta, bandung dan surabaya.

Es selendang mayang biasa nya di sajikan di atas mangkuk yang kecil atau di atas gelas -gelas yang unik, bisa juga di katakan ukuran mangkuknya seperti ukuran mangkuk untuk soto isi di dalamnya bermacam-macam seperti adonan yang kenyal legit gitu deh dan es batu dll.

Kalau gak salah adonan yang kenyal itu mempunyai 3 lapis dan 3 warna kalau kita mengurutkan nya dari atas yaitu merah tengahnya putih bawah nya hijau, karena da dalam adonan ini ada 3 warna nah di situ lah es ini disebut selendang mayang karena mempunyai ciri khas warna karena zaman dulu jika warna cerah itu selalu disebut dengan sebutan selendang mayang.

Es selendang mayang ini juga sangatlah menggugah selera sekali dari anak muda hingga orang tua semuanya menyukai es selendang mayang ini, anda mau menikmati es selendang mayang ini kalau mau yuk kita simak resep nya bareng-bareng di bawah ini.

Cara Membuat Es Selendang Mayang, resep es selendang mayang yang enak

Bahan-bahan untuk bikin es selendang mayang:

Bahan-Bahan
- Siapkan 100 gram tepung sagu aren
- Siapkan 25 gram tepung beras
- Siapkan 2 lembar daun pandan di buat simpul
- Siapkan 750 ml air
- Siapkan 1/2 sdt garam
- Siapkan 125 gram gula pasir
- Siapkan 1/2 sdt pewarna makanan warna merah muda

Untuk kuah didih kan sambil di aduk
- Siapkan 750 ml santan dari 1 butir kelapa parut
- Siapkan 1/2 sdt garam
- Siapkan 1/2 sdt gula pasir
- Siapkan 3 lembar daun pandan sobek-sobek

Untuk air gula didihkan hingga kental
- Siapkan 300 gram gula merah sisir haluskan
- Siapkan 1/4 sdt garam 
- Siapkan 300 ml air
Pelengkap
- Siapkan es batu secukup nya 

Cara membuat es selendang mayang yamg enak
1.yang pertama campurkan 250 ml air, tepung sagu aren, dan tepung beras aduk hingga rata kemudian sisihkan
2. didihkan sisa air dengan daun pandan, di canpur dengan garam, dan gula pasir, didihkan hingga gula larut angkat  dan saring
3. jerang kembali campuran air dan daun pandan di atas api yang kecil 
4. masukan campuran tepung sagu aren sambil di aduk cepat hingga tercampur rata
5. masak hingga mendidih kemudian angkat 
6. siapkan loyang yang berukuran 22,5x29,5x3 cm. krmudiamn tuangkan adonnan ke dalam loyang dan ratakan hingga rata 
7. perkicik dengan pewarna merah, kemudian ratakan bisa juga menggunakan kuas supaya warna merah di seluruh permukaan nya rata
8. biarkan hingga dingin dan agak mengeras

untuk penyajian
9. iris saja selendang mayang nya dengan mengunakan piso bambu 
10. jika tidak ada boleh juga di sendoki  tipis-tipis selendang mayang nya lalu masukan ke dalam mangkuk atau gelas sajian, kemudian siram dengan santan dan air gula lalu tambahka es batunya sajikan selagi dingin

Resep es selendang mayang ini kurang lebih untuk 4 porsi, jika anda ingn mengolahnya lebih banyak, maka anda tinggal mengkalkulasikan ulang saja dari takaran yang saya berikan diatas sesuai kebutuhan anda.

Resep di atas yang kami tulis semoga bermanfaat dan semoga berguna untuk anda yang sangat menyukai dengan es selendang mayang ini, mmmmmmaaaannnyyuuusssss kan resepnya,selamat mencoba.