Cara Membuat Kue Kering Opak Gambir Yang Renyah Dan Enak

Resep kali ini yang akan saya tulis yaitu resep tentang kue kering opak gambir, anda semua tau dari mana kue kering apak gambir ini berasal? jika anda tidak tahu simak penjelasan berikut, kue kering opak gambir ini berasal dari blitar dan secara umum kue kering opak gambir ini ada yang menyerupai pipa ada juga yang berbentuk segitiga, dan juga banyak yang lainnya.

Cara Membuat Kue Kering Opak Gambir, resep kue kering opak gambir yang renyah dan enak

Dan kue kering ini sudah banyak tersebar ke berbagai daerah di nusantara sehingga kita mudah untuk menemukannya di mana pun apa lagi jika di pasar tradisional, tetapi jika kita tidak mau jauh-jauh membeli atau mencari kue kering ini anda juga bisa membuatnya di rumah bahan-bahan nya cukup mudah sekali kita jumpai di toko kue terdekat di sekitar lingkungan anda semua, agar tidak banyak mengulur waktu mari kita simak resep kue kering opak gambirnya lihat di bawah :

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering gambir :
- Siapkan 100 gram gula pasir
- Siapkan 1/2 sdt kayu manis
- Siapkan 250 gram tepung beras
- Siapkan 400 ml santan kental adri 1/2 kelapa
- Siapkan 4 butir telur
- Siapkan 4 sdm wijen

Cara membuat kue kering opak gambir yang renyah dan enak
1. campurkan tepung beras dan gula pasir, di tambah dengan kayu manis, dan juga dengan santan, aduk hingga rata.
2.kocok telur lalu masukan ke dalam adonan tepung beras sambil terus di aduk hingga tercampur rata.
3. lalu panaskan cetakan tetapi sebelum di panaskan diolesi dulu dengan minyak, setelah itu tuangkan sedikit adonan lalu tutup dan tunggu hingga matang, lalu angkat
4.gulungkan selagi masih panas atau bentuk sesuai selera anda sendiri
5.lakukan lah dengan berulang-ulang hingga adonan habis tercetak semua
6.dan kue kering opak gambir pun siap di sajikan

Takaran yang saya berikan hanya takaran yang dasar saja dan  takaran ini hanya untuk 10 buah saja tidak lebih dari itu, tetapi tidak menutup kemungkinan jika anda ingin membuatnya lebih banyak lagi silahkan saja disesuaikan.

Demikian lah resep kue kering opak gambirnya dan semoga bisa membantu, dengan kita membuatnya sendiri di rumah, kita akan lebih tambah wawasan/ilmu untuk membuat kue, selamat mencoba.