Cara Membuat Lepet Jagung (Khas Malang)

Masih dikota malang ternyata bukan hanya kue bata anget saja, masih banyak kuliner yang lainnya dan yang akan kita bahas kali ini adalah lepet jagung khas dari malang, jika pada saat anda liburan lalu memilih mengunjungi kota malang anda akan menemukan lepet jagung ini, biasanya lepet jagung ini selalu di bungkus mengunakan kulit jagungnya sebelum direbus, bentuk lepet jagung ini sangat meneyrupai jagung kecil yang masih muda, jika anda sudah menikmati lepet jagung ini anada akan ketagihan karena rasanya yang super enak.

Cara Membuat Lepet Jagung Khas Malang, resep lepet jagung

Dikota malang sangat banyak sekali kuliner nusantara yang bisa membangkitkan selera makan, yang tadinya males makan jika menikmati masakan yang berasal dari kota malang langsung mood makan lagi, selain rasanya yang enak bentuk nya uga unik-unik sekali.

Sebelum kita ketahap pembuatannya alangkah baiknya anda harus menyiapkan dahulu bahan-banah untuk membuat lepet jagung ini.

- Siapkan gula pasir kira-kira sekitat 100 gram
- Siapkan kelapa parut yang memanjang sebanyak 100 gram beratnya
- Siapkan setengah sendok teh garam
- Siapkan jagung manis pipilan yang sudah di haluskan sebanyak 300 gram
- Siapkan daun jangung secukupnya saja untuk membungkus
- Siapkan tepung sagu kira-kira sebanyak 50 gram
JIka bahan-bahan yang diperlukan sudah ada semua langsung saja kita ketahap selanjutnya yaitu cara membuat lepet jagung khas malang:

Pertama, campurkan saja jangung manis, di susul oleh tepung sagu, dan juga tidak lupa dengan kelapa parut. garam, dan gula, adukaduk hingga tercampur rata,
Kedua, ambil selembar daun jagung lalu letakan adonan sebanyak 2 sendok makan di atasnya,kemudian kembali dibungkuskan hingga membentuk silsnder.setelah itu ikat kedua ujung nya dengan mengunakan tali rafia hingga rapat,tetapi jika tidak di ikat juga bisa gimana selera anda saja,kamudian lakukan pengukusan kedalam dandang yang sudah dipanaskan kira-kira selama 30 menit hingga lepet jagungnya matang {lalu angkat},dan lepet jagung siap disajikan.

Tips, jika kulit jagung sulit untuk di temukan kita bisa mengantinya dengan daun pisang untuk membungkusnya sekitar untuk 12  buah.

Takaran yang saya berikan diatas sudah diuji coba dan hasilnya hanya untuk 20 buah saja, akan tetapi tidak akan menutup kemungkinan jika anda ingin membuatnya lebih banyak lagi, ada tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan anda saja.

Selesai sudah cara membuat lepet jagungnya dan anda bisa langsung memperaktikannya dirumah, bisa juga kita sajikan saat hari raya idilfitri yang akan datang, selamat mencoba.