Cara Membuat Putre Nyelem (Khas madura)

Selamat siang bunda masih bersama kami di resep kue yang enak, untuk bunda yang senang sekali memasak atau membuat kue,memasak makanan yang enak untuk keluarga, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi resep tentang pembuatan putre nyelem , bunda tau khas mana putre nyelem ini? yaa bunda tepat sekali putre nyelem ini berasal dari kota madura yang sangat indah, mungkin bunda pernah berlibur ke madura atau belum, jika bunda berlibur kemadura pastinya bunda pernah dong menikmati enaknya putre nyelem.

Cara Membuat Putre Nyelem Khas madura, resep putre nyelem

Akan tetapi untuk bunda yang belum pernah merasakan nikmatnya putre nyelem jangan khawatir karena kami menyediakan resepnya, untuk bunda yang sudah pernah merasakan nya jika ingin merasakannya lagi silahkan baca resep kami.

Sebelum kita ke cara pembuatannya kita harus tahu dulu bahan apa saja yang harus disediakan:

Bahan-Bahan
- Sediakan tepung ketan kira-kira sekitar 250 gram
- Sediakan santan sebanyak 50 ml dari setengah butir kelapa
- Sediakan air hangat sebanyak 200 ml
Bahan untuk isi:
- Sediakan gula merah sebanyak 150 gram yang sudah disisir halus
- Sediakan kayu manis sebanyak 1/4 sendok teh bubuk
Bahan untuk kuah:
- Sediakan santan sebanyak 750 ml dari setengah butir kelapa
- Sediakan satu lembar daun pandan
- Sediakan satu sendok garam

Jika bahan yang saya tulis di atas sudah lengkap maka kita beranjak ketahap yang senlanjutnya yaitu cara pembuatan putre nyelem khas madura:

Yang pertama, lakukan pencampuran santan dan air hangat disusul oleh tepung ketan uleni saja hingga kalis atau tidak menempel, kemudian bentuk adonan menjadi bola-bola kecil sebesar kelereng lalu pipihkan,masukan isian gula merah lalu tutup kembali dan bentuk bola lagi, kemudian rebus bola-bola ketan hingga terapung keatas dan itu tandanya bola ketan sudah matang, (lalu angkat dan tiriskan),sementara itu rebus bahan untuk kuah hingga mendidih lalu angkat, kemudian taruh bola-bola ketan kedalam mangkuk , lalu siram dengan kuah santan,dan selesai sudah putre nyelem siap di sajikan.

Saya sudah menguji cobanya dan ternyata takaran-takaran yang saya berikan hanya lah tingkat dasar dan hasil nya hanya untuk 5 porsi saja. akan tetapi jika bunda ingin membuatnya lebih banyak tinggal bunda sesuaikan saja.

Resep kali ini sudah selesai, sekarang bagian bunda yang mencoba atau menguji coba resep kali silahkan di coba yaa bunda, terimakasih.