Cara membuat kue putu ayu ketan hitam yang enak

Berbagai macam kue di nusantara yang sudah banyak kita kenal, dari mulai rasa, bentuk dan juga tekstur kelembutan dan keenakkan nya, dan juga berbagai resep kue yang telah banyak saya terbitkan sebelumnya dari mulai dari kue basah, sampai kue kering, dan pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan sedikit pengetahuan saya dalam membuat kue, resep yang akan kita ulas pada pagi hari ini adalah tentang kue putu ayu, sebelumnya apakah anda sudah tahu kue putu ayu? yang jelas sudahkan. karena kue putu ayu ini sangat populer saat ini dan resep kue putu ayu ini juga sedang banyak di cari oleh para pecinta kue apalagi sama bunda-bunda cantik yang ingin membuat kue untuk lebaran nanti.

Pada umumnya kue putu ayu ini berwarna hijau dan ditambah dengan taburan parutan kelapa diatas-nya, warna hijau yang dihasilkan adalah dari bahan alami yaitu dari daun pandan, tetapi seiring waktu terus berputar pola pikir manusia pun semakin meluas dan saya merancang sebuah resep kue putu ayu tetapi menggunakan ketan hitam dan akhirnya saya berhasil menciptakan kue putu ayu dari ketan hitam,kemudian saya berpikir jika saya menulis resep kue putu ayu ini diblog mungkin akan dapat membantu banyak orang.

cara membuat kue putu ayu ketan hitam, resep kue putu ayu yang enak

 Nah sekarang tidak usah panjang lebar lagi mari kita langsung ulas resep kue putu ayu yang terbuat dari ketan hitam, silahkan anda simak resepnya dibawah ini.

Bahan- Bahan yang perlu kita siapkan sebelumnya:
- Siapkan gula pasir 150 gram
- Siapkan santan 200 gram
- Siapkan kelapa parut 200 gram
- Siapkan tepung ketan hitam 250 gram
- Siapkan telur 3 butir
- Siapkan garam 1/8 sendok teh
- Siapkan daun pandan 2 lembar
- Siapkan vanili 1 sendok teh
- Siapkan SP 1 sendok teh

Jiaka bahan yang harus kita siapkan semuanya sudah lengkap maka kita akan ketahap yang lebih lanjut lagi yaitu cara pembuatannya.

Cara membuat kue putu ayu ketan hitam yang enak
1. yang pertama lakukan dulu pengukusan terhadap kelapa parut yang ditambahkan sedikit gula selama kurang lebih 10 menit
2. kemudian masaklah santan dan daun pandan, ditambah dengan vanili masak hingga matang.
3. jika memasak santan tolong dilebihi karena pada saat kita memasak santan akan sedikit menyurut, jadi takar santan 200 ml setelah santannya matang.(dinginkan)
4. panaskan dahulu kukusan atau klakat,   setelah itu siapkan cetakan atau yang sejenisnya, olesi dulu dengan mengunakan margarin atu minyak goreng , dengan tipis sekali,
5. kemudian masukan sedikit-sedikit atau secukupnya saja kelapa parut lalu padatkan dengan cara di tekan-tekan, dan pisahkan.
6. lalu kocok gula pasir, garam, SP,dan telur hingga mengental, dengan mengunakan mixser(kecepatan yang tinggi)
7. setelah itu masukan tepung ketan hitamnya sambil diaduk dengan menggunakan mixser, (dengan kecepatan yang paling rendah), hingga tercampur rata.
8. kemudian masukan juga santan sedikit demi sedikit lalu masukan kedalam cetakan hingga hampir penuh lalu kukus selama 10 menit dengan api yang sedang, angkat dan keluarkan dari cetakan

Kue putu ayu siap disajikan, demikian-lah resep kue putu ayu ketan hitamnya semoga dapat membantu anda semua terimakasih selamat menikmati.