Cara membuat dodol ketan hitam spesial

Dodol ketan hitam adalah salah satu makanan khas indonesia yang sering sekali kita temukan di daerah betawi, wanosobo, garut, malang serta daerah lain-nya yang ada di wilayah indonesia. dodol ketan hitam ini mempunyai citra rasa yang sangat khas yang terdiri pada masing-masing daerah, tetapi dalam umumnya proses untuk pembuatan-nya membutuhkan waktu yang sangat lama, serta membuatnya pun sangat rumit sekali dan melelahkan.

Cara membuat dodol ketan hitam, resep dodol ketan hitam

Dodol ketan hitam ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan hitam serta tepung beras. dodol ketan hitam ini juga mempunyai tekstur yang sangat lembut dan juga kenyal. dodol ini sering dijumpai di toko-toko semisal di supermarket ataupun di warung terdekat, dodol ketan hitam juga selalu digunakan sebagai oleh-oleh jika kita berkunjung ke kota. Nah buat lebih jelaskan kami akan menjelaskan tentang resep dodol ketan hitam dan langkah-langkah pembuatan-nya. silahkan anda simak dibawah ini.

Bahan-bahan untuk bikin dodol ketan hitam:
- Siapkan tepung ketan hitam sebanyak 500 gram
- Siapkan tepung beras sebanyak 50 gram
- Siapkan gula merah sebanyak 900 gram, iris hingga halus
- Siapkan santan kental sebanyak 1 liter
- Siapkan santan cair sebanyak 1 liter
- Siapkan garam sebanyak setengah sendok teh
- Siapkan daun pandan sebanyak 1 lembar, lalu potong-potong
- Siapkan daun pisang seperlunya
Cara membuat dodol ketan hitam spesial:
1. Santan kental di didihkan bersama daun pandan, gula merah, serta garam. angkat daun pandan
2. Larutkan tepung ketan bersama santan yang encer sampai merata, lalu tuangkan kedalam didihan santan kental sedikit-sedikit, lalu aduk terus menerus hingga merata.
3. Adonan dituangkan kepada loyang yang sudah dialasi dengan menggunakan daun pisang, ratakan, kemudian dinginkan.
4. Kemudian potong-potong, lalu bungkus dengan menggunakan plastik atau kertas minyak.
Itulah resep dodol ketan hitam spesial, serta mempunyai rasa yang benar-benar lezat, dan sangat menggugah selera untuk mencicipinya. Nah kalau anda suka dengan resep dodol yang satu ini, maka silahkan untuk mencoba membuatnya dirumah bersama keluarga. Selamat menguji coba