Cara membuat dodol lapis yang lezat

Dodol lapis ini merupakan cemilan yang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat luas, dodol lapis ini memiliki rasa yang sangat khas sekali dibandingkan dengan dodol yang lain-nya, dodol lapis ini sering sekali kita jumpai di pasar-pasar tradisional, ataupun di warung terdekat. serta dodol lapis juga sering dijadikan sebagai bingkisan ataupun oleh-oleh saat kita berkunjung ke kota. dodol lapis ini juga sangat cocok sekali dikonsumsi ketika setelah makan siang, makan pagi, ataupun ketika sedang bersantai. selain memiliki rasa yang lezat dodol ini juga mempunyai tekstur yang sangat kenyal sekali, serta sangat menggugah selera untuk menikmatinya. Nah anda penasaran bagaimana cara membuatnya? nah kali ini kami akan menjelaskan sedikit resep dodol lapis yang lezat, bahan-bahan yang dibutuhkan, dan langkah pembuatan-nya.

Cara membuat dodol lapis, resep dodol lapis

Bahan-bahan untuk bikin dodol lapis:
- Siapkan tepung ketan hitam sebanyak setengah kg
- Siapkan tepung ketan putih sebanyak setengah kg
- Siapkan gula merah sebanyak 1/4 kg
- Siapkan gula pasir sebanyak 3/4 kg
- Siapkan kelapa sebanyak 3 buah
- Siapkan daun pandan serta garam
Cara membuat dodol lapis yang lezat:
1. Buat lapis hitam: Kelapa diparut, ambil santan kentalnya, serta dibagi menjadi dua bagian. satu bagian buat lapis hitam, serta satu bagian lagi buat lapis yang berwarna putih.
2. Didihkan air, tambahkan gula merah sebanyak 1/4 kg, kemudian masukan tepung ketan hitam, aduk-aduk hingga kalis diatas wajan yang panas hingga adonan benar-benar matang, lalu aduk-aduk lagi hingga mengental. jika telah mengental, kemudian cetak didalam loyang yang berukuran segi empat, yang sudah dilapisi dengan menggunakan plastik kemudian ratakan.
3. Buat adonan putih: Cara pembuatan-nya sama semisal lapisan hitam, cuman pada adonan putih hanya menggunakan tepung ketan putih serta gula pasir.
4. Jika adonan yang putih telah jadi, kemudian simpan diatas adonan yang hitam serta diratakan agar adonan berbentuk 2 lapis. diamkan hingga dingin, kalau telah mengeras lalu dipotong-potong serta membentuk lapis. Kemudian dibungkus menggunakan plastik/kertas minyak.
Itulah resep dodol lapis yang lezat, gimana menurut anda resep dodol diatas? tidak sulit bukan? serta yang tidak hobi dan belum pernah membuat dodol pun, sekarang sangat tertarik ingin membuatnya, karena proses pembuatan-nya pun sangat mudah, dan hanya membutuhkan waktu yang agak lama.