Cara membuat dodol nanas yang lezat

Dodol nanas merupakan salah satu jenis cemilan yang banyak disukai oleh semua orang. dodol nanas adalah salah satu nama makanan tradisional yang berasal dari wilayah indonesia. dodol nanas ini terbuat dari bahan dasar nanas dan ketan putih. dodol nanas ini sering sekali dijual di pasar-pasar tradisional. membuat dodol ini agak sedikit sulit, dan membutuhkan waktu yang agak lama, jadi membuat dodol nanas ini harus mempunyai kesabaran.

Cara membuat dodol nanas, resep dodol nanas

Selain rasanya yang bena-benar lezat, ternyata dodol ini memiliki tekstur yang sangat kenyal, pasti semua orang bakal ketagihan dengan menikmati dodol yang satu ini. dodol nanas ini adalah salah satu cemilan khas subang. hingga tidak heran lagi jika di kota subang banyak buah nanas, sebab buah nanas adalah bahan dasar untuk membuat dodol. Berikut ini kami akan membagikan resep dodol nanas yang lezat beserta langkah-langkah pembuatan-nya.

Bahan-bahan untuk bikin dodol nanas:
- Siapkan buah nanas sebanyak 2 kg
- Siapkan gula putih sebanyak setengah kg
- Siapkan tepung ketan putih sebanyak setengah kg
- Siapkan tepung hunkwe sebanyak 1 bungkus
- Siapkan kelapa sebanyak dua buah
- Siapkan garam serta vanili seperlunya
- Siapkan gula merah sebanyak setengah kg
Cara membuat dodol nanas yang lezat:
1. Buah nanas dikupas serta potong dengan ukuran kecil, kemudian haluskan.
2. Kelapa dikupas, parut kemudian santan-nya diambil.
3. Campurkan nanas yang sudah dihaluskan bersama tepun hunkwe, gula merah, gula putih, tepung ketan, santan, serta vanili, sampai merata, lalu panaskan hingga adonan terbentuk kental sekitar 30 menit.
3. Adonan yang sudah jadi dituangkan kedalam cetakan. lalu dinginkan.
4. Kemudian dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.
5. Sesudah dingin, lalu dibungkus dengan menggunakan plasit/ kertas minyak.
Nah itulah resep dodol nanas yang lezat, bagaimana apakah anda sudah mengerti dengan resep yang kami jelaskan diatas?. jika anda ingin membuat dodol nanas, pilihlah buah nanas yang masih bagus, dan segar serta matang, sebab akan menambahkan citra rasa yang lezat dalam dodol nanas. dengan memilih buah nanas yang telah matang, akan membantu anda lebih cepat buat mengolahnya, sebab gampang buat dihaluskan.