Cara membuat dodol sirsak yang enak

Dodol sirsak merupakan nama jenis makanan yang sama dengan-nya yaitu adalah terbuat dari bahan buah sirsak yang telah matang, serta dipadukan dengan menggunakan bahan pelengkap yang lain-nya semisal tepung ketan, buah sirsak, gula merah, gula putih, santan, dan air. buah sirsak ini adalah salah satu buah yang mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. selain buah-nya, daun sirsak juga mempunyai khasiat yang sangat banyak sekali dan dapat menyembuhkan segala macam penyakit semisal mengatasi penyakit kanker, asam urat, sakit pinggang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara membuat dodol sirsak, resep dodol sirsak

Tetapi yang kami gunakan kali ini ialah daging buah sirsak untuk dibuat menjadi cemilan yang sangat enak dan lezat yaitu adalah dodol sirsak. mungkin anda semua telah mengetahui bagaimana macam serta bentuk buah sirsak. nah buah sirsak ini biasanya sering sekali dijual di pasaran, tetapi untuk anda yang memiliki pohon sirsak serta berbuah sendiri, maka anda mampu memanfaatkan buah sirsak tersebut. sayangkan, jika buah sirsak yang mempunyai rasa sedikit asam dibuang dengan begitu saja? dari pada dibuang alangkah baiknya buah sirsak yang anda punya dibuat hingga menjadi dodol. nah untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan resep dodol sirsak beserta langkah-langkah pembuatan0nya, Silahkan anda simak dibawah ini.

Bahan-bahan untuk bikin dodol sirsak:
- Siapkan tepung ketan putih sebanyak 500 gram
- Siapkan sirsak sebanyak 1 kg
- Siapkan gula merah sebanyak 1 kg
- Siapkan gula putih sebanyak 1 ons
- Siapkan santan ( dari dua buah kelapa )
- Siapkan air seperlunya
Cara membuat dodol sirsak yang enak:
1. Buah sirsak dicuci sampai bersih serta dipishkan pada bagian-bagian yang tidak diinginkan semisal biji, serta kulitnya.
2. Daging buah diambil, lalu dipotong-potong dengan ukuran kecil lalu dihaluskan, sampai halus. kemudian letakan dalam wadah.
3. Campurkan 10 sampai 15 bagian buah yang sudah dihaluskan bersama 1 bagian tepung ketan putih, lalu dimasak.
4. Campurkan gula merah dengan gula putih, serta santan yang telah dimasak hingga kental, diaduk terus menerus hingga terbentuk pasta liat.
5. Dinginkan, serta masukan pada cetakan.
6. Jika dodol telah dingin serta agak mengeras pada bagian luarnya, kemudian langsung dibungkus menggunakan kertas minyak yang sudah dilapisi plastik buat menghindari penguapan serta masuknya uap air.
Itulah resep dodol sirsak, gimana apakah anda sudah mengerti dengan penjelasan kami diatas? nah jika anda penasaran bagaimana cara membuat dodol sirsak ini, maka silahkan anda untuk mencoba membuatnya dirumah serta dapat dibantu oleh teman maupun keluarga anda, supaya proses pembuatan-nya lebih cepat dan hasil serta rasanya lebih memuaskan lagi.
Hidangkan dodol sirsak ini sebagai makanan disaat sedang berkumpul dengan keluarga tercinta ataupun sedang bersantai. Selamat mencoba, semoga berhasil.