Cara membuat kue bugis yang enak

Kue bugis merupakan salah satu jenis kue tradisional yang mempunyai tekstur yang sangat kenyal serta mempunyai rasa yang sangat manis serta enak, hingga saat ini masing sering dibuat serta dihidangkan dalam acara-acara berkumpul sama keluarga. kue bugis ini merupakan salah satu kue basah yang paling utama menggunakan bahan dasar ketan yang dibuat, lalu bagian dalamnya biasanya diisi kelapa yang sudah diparut serta gula merah. cara membuat kue bugis ini sangat gampang sekali dan juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan ketan putih maupun ketan hitam. sebab akan tetap menghasilkan rasa kue yang sama saja enak hanya saja mempunyai perbedaan warna. kue bugis yang satu ini tentu saja bisa mengganjal perut yang telah lapar, sebab kue bugis ini bisa mengenyangkan. Kue bugis ini sangat cocok sekali dihidangkan sarapan pagi yang diperlukan bersama kopi ataupun teh hangat. Nah untuk lebih jelasnya silahkan anda simak dibawah ini resep kue bugis serta bahan-bahan yang diperlukan-nya.

Cara membuat kue bugis, resep kue bugis

Bahan-bahan untuk bikin kue bugis:
Untuk isi:
- Siapkan kelapa sebanyak 1/2 buah, lalu parut dengan ukuran memanjang
- Siapkan gula merah sebanyak 100 gr, disisir lembut
- Siapkan gula pasir sebanyak 50 gr
- Siapkan daun pandan sebanyak satu lembar
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan air sebanyak 100 ml
- Siapkan vanili bubuk sebanyak 1/2 sendok teh
Untuk kulit:
- Siapkan tepung ketan sebanyak 250 gr
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan santan sebanyak 250 ml, lalu panaskan
- Siapkan pasta pandan seperlunya
Untuk saus:
- Siapkan santan kental sebanyak 250 ml, lalu campurkan dengan tepung sagu maupun tepung meizena sebanyak 1 sendok makan
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh, rebus sampai kental, kemudian angkat.
Untuk pembungkusan:
- Siapkan daun pisang seperlunya
Cara membuat kue bugis yang enak:
1. Buat isi: Kelapa dimasak bersama gula pasir, gula merah, garam, daun pandan, vanili bubuk serta air, masak sampai matang serta airnya habis, lalu angkat
2. Buat kulit: Ketan dicampurkan bersama garam, lalu masukan santan hangat berlahan-lahan sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk, lalu tambahkan pasta pandan, seperlunya, aduk- aduk sampai merata, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan, bentuk semisal bola.
3. Penyelesaian: Ambil adonan 1, isi dengan isian seperlunya, bulatkan kembali, ambil 1 lembar daun pisang yang berbentuk pincuk semisal kerucut, lalu balik bagian yang runcing, pada bagian bawah, lalu masukan bola adonan, tuangkan saus santan kental sebanyak 2 sendok makan, tutup hingga melipat menutup adonan, lalu selipkan sampai rapat.
4. Terakhir kukus selama setengah jam sampai matang, lalu angkat. Kemudia kue bugis telah siap untuk dihidangkan.

Itulah resep kue bugis yang enak, manis, serta kenyal, silahkan anda untuk membuatnya dirumah anda masing-masing. jika anda tidak mempunyai ketan putih, anda juga mampu menggantinya dengan ketan yang berwarna hitam, tetapi anda tidak usah menambahkan pewarna tambahan pada proses pembuatan-nya. Selamat mencoba semoga berhasil.