Cara membuat kue lemper isi ayam yang lezat

Kue lemper merupakan salah satu jenis makanan yang sangat terpopuler diseluruh nusantara. Kue lemper yang sangat lezat ini disantap sebagai pengganjal perut sampai ukuran-nya pun sama semisal kue lemper yang lain-nya. kue lemper ini adalah makanan yang terbuat dari bahan ketan serta biasanya berisi cincangan daging ayam maupun abon serta dibungkus oleh daun pisang. kue lemper isi ayam ini biasanya ada di acara-acara pernikahan ataupun acara adat.

Cara membuat kue lemper isi ayam, resep kue lemper isi ayam

Kali ini kami akan membagikan sedikit resep kue lemper isi ayam kepada anda semua. buat anda yang pengen membuatnya anda dapat mempraktekan resep ini dirumah anda masing-masing. kue lemper isi ayam ini merupakan salah satu hidangan yang sederhana dan banyak sekali orang yang menyukai nya dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, sebab kue lemper isi ayam ini mempunyai citarasa yang sangat lezat dan nikmat. Nah berikut ini kami akan membagikan sedikit resep kue lemper isi ayam, silahkan anda simak dibawah ini serta lakukanlah langkah-langkah ini dengan benar agar hasil yang anda dapatkan maksimal dan rasanya pun lebih lezat.

Bahan-bahan untuk bikin kue lemper isi ayam:
- Siapkan beras ketan sebanyak 500 gr
- Siapkan santan sebanyak 200 ml
- Siapkan garam sebanyak 1 sendok teh
- Siapkan pandan sebanyak tiga lembar
- Siapkan daun pisang seperlunya buat membungkus
Buat isi:
- Siapkan minyak goreng sebanyak 2 sendok makan, buat menumis
- Siapkan daun salam sebanyak 2 lembar
- Siapkan lengkuas sebanyak 1 cm, dimemarkan
- Siapkan serai sebanyak 2 batang, di memarkan
- Siapkan daun jeruk sebanyak 5 lembar
- Siapkan daging ayam sebanyak 200 gr, direbus lalu di suwir
- Siapkan santan sebanyak 250 ml
Bumbu yang akan dihaluskan:
- Siapkan jinten sebanyak 1/4 sendok teh
- Siapkan ketumbar sebanyak 2 sendok teh
- Siapkan bawang merah sebanyak 8 buah
- Siapkan bawang putih sebanyak 5 siung
- Siapkan kemiri sebanyak 2 butir
- Siapkan garam sebanyak 1 sendok teh
- Siapkan gula pasir sebanyak 3 sendok teh

Cara membuat kue lemper isi ayam yang lezat:
1. Ketan direndam kurang lebih satu jam, lalu tiriskan. air didihkan lalu ketan dikukus selama 10 menit. angkat kemudian pindahkan pada panci.
2. Didihkan santan, daun pandan, serta garam. lalu campurkan dengan ketan. kemudian masak sambil diaduk-aduk sampai santan meresap. angkat serta kukus kembali sampai ketan matang. angkat, kemudian dinginkan
3. Untuk isi: Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serta serai sampai harum. lalu masukan ayam serta santan. masak sampai sampai santan terserap. kemudian angkat.
4. Ambil ketan sebanyak 2 sendok makan, pipihkan. isi dengan adonan isi sebanyak 2 sendok teh, lalu tutup serta berbentuk lonjong. bungkus dengan daun pisang, semat ujung-ujungnya dengan lidi. kemudian kukus kembali selama 10 menit.
5. Terakhir kue lemper dibakar sampai warna kecoklatan. angkat kemudian hidangkan
Nah itulah resep kue lemper isi ayam yang enak dan praktis gampang bukan cara membuatnya? kami yakin anda mampu membuatnya dirumah. tanpa mendapatkan masalah yang serius, sebab langkah-langkah nya pun tidak terlalu sulit. mungkin cuman itu yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini, semoga yang kami jelaskan diatas tadi bermanfaat untuk anda semua, dan dapat membantu anda dalam membuat kue lemper isi ayam yang lezat ini.