Cara membuat kue chocolate chiffon cake yang lezat

Kue chocolate ini merupakan salah satu jenis makanan yang kue kering yang terbuat dari bahan cokelat serta tepung terigu yang dipanggang dengan menggunakan oven. kue chocolate ini mempunyai citarasa yang sangat lezat serta memiliki tekstur yang sangat empuk.kue chocolate ini sangat terpopuler dan juga terkenal sekali di indonesia. kue chocolate ini juga memiliki bentuk yang sangat unik dan juga cantik. Untuk membuatnya pun sangat gampang sekali serta praktis hanya dengan menggunakan bahan-bahan kue cukup sederhana serta gampang untuk kita dapatkan. kue chocolate ini adalah salah satu kue yang sangat digemari, sebab memiliki citarasa yang sangat lezat dan nikmat, kue chocolate chiffon cake ini sering sekali digunakan dalam acara-acara yang sangat spesial semisal lebaran, idul adha, bahkan bisa digunakan untuk acara arisan keluarga. Berikut ini silahkan anda simak dibawah ini resep kue chocolate chiffon cake.

Cara membuat kue chocolate chiffon cake, resep kue chocolate chiffon cake

Bahan-bahan untuk bikin kue chocolate chiffon cake :
- Siapkan cokelat bubuk sebanyak 50 gram
- Siapkan air panas sebanyak 175 ml
- Siapkan tepung terigu sebanyak 175 gram, lalu ayak
- Siapkan gula akstor sebanyak 350 gram
- Siapkan soda kue sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan baking powder sebanyak 1 sendok teh
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sdt
- Siapkan minyak goreng sebanyak 85 ml
- Siapkan kuning telur sebanyak 6
- Siapkan vanili bubuk sebanyak 2 sendok teh
- Siapkan putih telur sebanyak 400 ml
- Siapkan cream of tartar sebanyak 1/2 sdt, lalu sangrai
Untuk hiasan:
- Siapkan dark ooking chocolate, ( cokelat masak pekat), lalu lelehkan.
- Siapakan almond atau kenari, iris hingga tipi, lalu sangrai
Cara membuat kue chocolate chiffon cake yang lezat:
1. Oven dipanaskan dalam temperatur 180 cc, sediakan loyang chiffon dengan ukuran 25 cm, perciki pada bagian dalamnya dengan menggunakan air yang sudah masak. cokelat halus dilarutkan dengan air panas, lalu aduk-aduk dengan menggunakan pengocok kawat sampai licin serta lembut. kemudian sisihkan
2. Tepung terigu dicampurkan gula kastor sebanyak 2 sdm, baking powder, soda kue, serta garam, lalu aduk-aduk sampai merata. buatlah lubang pada tengahnya, lalu tuangi minyak goreng dan kuning telur, lalu larutkan
3. Putih telur dikocok dengan menggunakan mikser kecapatan yang sedang tanpa berbusa, lalu tambahkan cream of tartar. kocok kembali sambil gula kastor bertahap-tahap, kocok terus hingga putih telur membentuk ujung tumpul waktu miksernya diangkat.
4. Putih telur dimasukan pada 3 sampai 4 tahapan pada adonan tepung chocolate, lalu aduk-aduk dengan menggunakan pengocok kawat atau spatula, sampai merata.
5. Adonan dituangkan pada loyang, lalu panggang pada oven sampai matang selama 75 menit, supaya adonan tidak nempel ketika ditusuk menggunakan lidi. Kue diangkat dari oven, balikan loyang sampai kue dingin.
6. Kue dikeluarkan dari loyang dengan bantuan spatula yang panjang. lalu balikan kue di rak kawat, balikan lagi kepiring yang akan dihidangkan hingga kue harus dalam posisi berdiri. Kemudian atasnya dihias dengan menggunakan irisan almond atau kenari, serta chocolate yang sudah dilelehkan.
Nah itulah resep kue chocolate chiffon cake yang lezat. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam proses pembuatan ku tersebut. Selamat mencoba