Cara membuat kue combro-misro yang enak

Kue combro-misro merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal sekali didaerah sunda. combro atau misro adalah makanan khas sunda arti combro adalah oncom dijero(oncom didalam) arti misro adalah amis dijero(manis didalam), kue combro-misro ini tidak hanya ditemukan didaerah bandung, maupun jawa barat saja tetapi kue combro-misro ini ditemukan hampir disemua kota yang ada di indonesia, yang paling pertama kue combro-misro ini ditemukan didaerah jawa barat. kue combro-misro ini yang paling utama menggunakan bahan dasar singkong yang diparut. namun apakah anda semua telah tahu bagaimana cara untuk membuat combro-misro yang enak? mungkin ada sebagaian yang belum tahu. padahal sebenarnya cara membuat combro-misro ini sangat mudah sekali lho.

Cara membuat kue combro-misro, resep combro-misro

Kue combro-misro ini adalah cemilan tradisional yang merakyat, serta harganya pun sangat murah sekali, tetapi mempunyai citarasa yang sangat enak dan nikmat. kue combro yang renyah ini mempunyai isian oncom, serta kue combro-misro ini tidak hanya disukai oleh golongan menengah ke bawah saja, namun juga kalangan menengah keatas pun sangat suka sekali. bahkan pada saat ini, ada beberapa jenis variasi resep combro-misro yang sangat enak, yang telah masuk serta dijual dipasar yang besar-besar semisal combro granat, combro pedas, serta kue combro-misro yang lain-nya. Nah untuk lebih jelasnya silahkan anda simak dibawah ini resep combro-misro yang enak, serta bahan dan bumbu yang diperlukan.

Bahan-bahan untuk bikin kue combro-misro:
- Siapkan singkong sebanyak 1 kg, dicuci sampai bersih, kemudian parut
- Siapkan garam sebanyak 1 sdt
- Siapkan kelapa yang sudah dikupas sebanyak 250 gr, diparut dengan ukuran memanjang
- Siapkan minyak seperlunya, buat menggoreng
Bumbu yang akan dihaluskan:
- Siapkan bawang putih sebanyak 3 siung
- Siapkan bawang merah sebanyak 3 buah
- Siapkan kencur sebanyak 1 cm
Untuk isi combro:
- Siapkan bawang merah sebanyak 5 buah, lalu diiris
- Siapkan bawang putih sebanyak 5 siung, lalu diiris
- Siapkan cabai merah besar sebanyak 2 buah, lalu diiris
- Siapkan cabai rawit merah sebanyak 8 buah, lalu diiris
- Siapkan kaldu bubuk yang rasa ayam sebanyak 1 sdt
- Siapkan garam sebanyak 1 sdt
- Siapkan merica bubuk sebanyak 1/2 sdt
- Siapkan gula pasir sebanyak 1 sdt
- Siapkan oncom sebanyak 250 gr, lalu diremas
- Siapkan daun bawang sebanyak 1 batang, lalu diiris hingga halus
- Siapkan daun kemangi sebanyak 25 lembar
Isi misro:
- Siapkan gula merah sebanyak 150 gr, lalu diiris sampai halus
Cara membuat kue combro-misro yang enak:
1. Buat isi combro: Minyak dipanaskan, lalu tumis bumbu yang sudah halus dengan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah sampai harum, kemudian masukan oncom serta kaldu bubuk.
Masak sampai oncom benar-benar matang. tambahkan merica, garam, gula pasir, serta daun bawang, aduk sampai merata, angkat kemudian sisihkan
2. Singkong diparut, lalu dicampurkan dengan kelapa yang telah diparut serta garam, diaduk sampai merata, kemudian adonan dibagi sampai menjadi 2 bagian.
3. Buat combro: ambil adonan sebanyak dua sendok makan, lalu bentuklah sampai bulat lonjong, lalu isi dengan isian-nya sebanyak 1 sdm, serta bentuk kembali kemudian sisihkan.
4. Buat misro: Ambil adonan sebanyak 2 sdm, bentuk dengan ukuran bulat, isi dengan gula merah yang telah disisir sebanyak 1 sdm.
Itulah resep kue combro-misro yang sangat enak. buat anda semua jika tidak suka pedas, anda mampu mengurangi bumbu merica ataupun cabai dengan sesuai selera anda. walaupun resep combro-misro diatas sangat sederhana, namun jika masalah rasa tidak kalah lho dibandingkan bersama resep yang ada dipasar-pasar lain-nya. hidangkan combro-misro ini selagi masih panas agar bumbunya terasa lebih gurih dan enak. Selamat mencoba membuat combro-misro yang enak ini, semoga bermanfaat.