Cara membuat kue puff pastry klasik spesial

Kalau anda semua pencinta kue puff pastry, maka tidak ada salahnya dong,, buat mencoba membuatnya dirumah. kue puff pastry yang berlapis-lapis serta renyah ini memang tidak gampang untuk dibuat, namun juga bukan hal yang mustahil buat mampu dihasilkan, yang dibutuhkan ialah ketekunan, kesabaran, dan membutuhkan waktu yang sangat cukup, serta tentu saja jam terbang. semisal kata orang yang bijak, practice makes perfect, maka untuk membuat kue puff pastry pun membutuhkan uji coba berulang-ulang supaya hasilnya baik, dan sempurna. namun sekali anda berhasil untuk membuatnya, maka adonan ini mampu anda kreasikan menjadi aneka kue puff pastry yang sangat nikmat.

Cara membuat kue puff pastry klasik, resep kue puff pastry klasik

kue puff pastry ini nikmat sekali buat diisi dengan cream yang lembut serta jenis buah-buahan. dan sangat mantap buat dikreasikan menjadi aneka pie semisal quiche, pie yang memiliki isi kocokan telur serta beragam sayuran. kue puff pastry ini sangat terpopuler sekali di wilayah indonesia dan banyak sekali orang yang menyukai kue puff pastry ini. kalau anda belum berpengalaman buat sedikit dulu. sesudah berpengalaman resep dapat dilipat gandakan serta lemak dapat ditambah hingga seberat tepung. adonan ini dapat dipakai untuk membuat berbagai aneka pastry. Nah sekarang kami akan menjelaskan tentang resep kue puff pastry klasik spesial dan bahan-bahan yang dibutuhkan. silahkan anda simak dibawah ini.

Bahan-bahan untuk bikin kue puff pastry klasik spesial: 
- Siapkan air es sebanyak 125 ml
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan lemon atau jeruk nipis sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan tepung terigu sebanyak 250 gram
- Siapkan mentega sebanyak 50 gram
- Siapkan pastry shortening /pastry margarin/korsvet sebanyak 150 gram
- Siapkan tepung terigu buat taburan.
Cara membuat kue puff pastry klasik spesial:
1. Air es serta garam diaduk, lalu tambahkan air jeruk ( Untuk mencegah adonan yang patah-patah). tepung dicampurkan dengan air serta mentega, ulek hingga halus. lalu bungkus dengan serbet, taruh selama setengah jam pada lemari pendingin.
2. Pastry margarin dibungkus dengan menggunakan plastik, lalu pukul-pukul dengan penggilasampai pipih.
3. Taburkan tepung pada permukaan meja. lalu adonan dikeluarkan dari lemari pendingin, gilas sampai berukuran 30x15 cm. simpan pastry margarin dalam 1/3 lembaran pastry, dengan jarak berukuran 1/2 cm pada tepinya. lalu lipat 1/3 bagian yang tak kena pastry margarin ke tengah sampai menutupi pada setengah bagian pastry margarin. kemudian lipat lagi 1/3 bagian sisanya ketengah sampai semua pastry margarin terutup dengan rapat.
4. Lembaran pastry diputar sampai lipatan-nya terbuka menghadap ke badan kita.  gilas dengan sekuat tenaga, namun berhati-hati hingga panjangnya menjadi enam kali dan lebarnya berukuran 60x10 cm. kalau sedang menggilas harus dijaga supaya lembaran pastry tidak robek.
5. Lembaran pastry dilipat ketengah sampai saling menumpuk kurang lebih 1 cm, kemudian kemudian lipat 2 bungkus adonan menggunakan serbet ( disebut dengan lipatan tunggal ) taruh pada lemari pendingin selama setengah jam.
6. Setelah itu lembaran pastry dikeluarkan dari lemari pendingin. lalu ulangi lagi membuat lipatan ganda ( langkah 4 sampai 5 ) sebanyak dua kali.
7. Lembaran pastry dikeluarkan lagi dari lemari pendingin, sebelum dipakai, gilas dulu lembaran pastry dengan setebal 3 mm. boleh digilas lagi dari arah atas sampai kebawah, maupun kekanan dan kekiri. lalu istirahatkan selama 15 menit supaya mengerut.
8. Oven dipanaskan dengan temperatur 200 cc, sedikitnya selama 20 menit ( supaya lapisan puff pastry mampu mekar serta mengembang dengan baik ). Adonan dibentuk sesuai kebutuhan anda, lalu istirahatkan selama 15 menit, supaya bentuknya bagus. selalu pakai pisau yang tajam, janganlah menarik pisau selagi memotong, sebab dapat merusak lapisan.
9. Atur diloyang yang sudah dipeciki air. simpan terbalik ( pada bagian atas menjadi dibawah ), supaya tidak menciut atasnya. buat pastry asin, lumuri dengan campuran susu serta gula. jaga jangan sampai olesan tersebut mengenai pada sisi-sisinya, sebab lapisan akan terkunci serta tidak dapat mengembang. panggang pada oven sampai matang selama setengah jam.
Itulah resep kue puff pastry klasik spesial, gimana apakah anda sudah paham dengan resep diatas ini? Untuk membuat kue puff pastry ini memang harus membutuhkan ketekunan dan kesabaran, sebab membuat kue tersebut tidak gampang, dan harus membutuhkan waktu yang cukup supaya hasilnya akan lebih baik dan sempurna. jika anda suka dengan resep ini silahkan anda untuk mencoba membuatnya dirumah bersama keluarga anda. Selamat mencoba