Cara membuat kue serabi pisang yang nikmat

Kue serabi pisang ini merupakan kue serabi khas tradisional, kue serabi pisang ini mempunyai citarasa yang sangat nikmat dan mempunyai tekstur yang empuk, serta banyak sekali orang yang menyukainya, karena kue serabi ini sangat terkenal serta terpopuler di kalangan masyarakat luas. kue serabi pisang ini mempunyai bentuk yang sangat unik serta menggugah selera. kue serabi pisang ini juga memiliki banyak macam rasa serta kombinasinya. tetapi, dalam kesempatan ini kami akan memberikan sedikit penjelasan resep kue serabi pisang yang nikmat, serta dapat menghasilkan kue yang manis, gurih, serta nikmat. silahkan anda simak dibawah ini.

Cara membuat kue serabi pisang, resep kue serabi pisang

Bahan-bahan untuk bikin kue serabi pisang:
- Siapkan ragi instan sebanyak 5 gr
- Siapkan gula pasir sebanyak 10 gr
- Siapkan air hangat sebanyak 75 ml
- Siapkan tepung terigu sebanyak 250 gr
- Siapkan tepung kanji sebanyak 2 sendok makan
- Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
- Siapkan telur sebanyak 1 butir, lalu kocok lepas
- Siapkan santan sebanyak 650 ml
- Siapkan pisang tanduk sebanyak 2 buah, lalu kukus, potong dengan ukuran melintang tipis
Bahan saus:
- Siapkan santan sebanyak 700 ml
- Siapkan gula merah sebanyak 250 gr, iris sampai halus
- Siapkan gula pasir sebanyak 100 gr
- Siapkan garam sebanyak 1 sendok teh
- Siapkan daun pandan sebanyak 4 lembar
- Siapkan daun jeruk purut sebanyak 2 lembar
Cara membuat kue serabi pisang yang nikmat:
1. Untuk biang: Aduk gula pasir, ragi, tepung terigu sebanyak 1 sendok makan, serta air sampai merata. biarkan sekitar 15 menit sampai berbuih
2. Aduk aduk sisa tepung terigu pada adonan biang, tepung kanji, telur kocok, serta garam, tuangkan santan sebanyak 300 ml, lalu aduk lagi sampai merata. adonan ditepuk-tepuk sekitar 15 menit.
3. Tuangkan sisa santan, lalu diaduk-aduk ampai merata. saring. biarkan sekitar setengah jam sampai mengembang.
4. Wajan serabi dipanaskan diatas bara ataupun kompor, lalu tuangkan sayur adonan sebanyak 1 sendok, tuangkan 1 potong pisang ditengahnya, masak sampai berlubang-lubang. lalu wajan ditutup, masak sampai matang. angkat
5. Untuk membuat saus: Semua bahan yang sudah dikumpulkan untuk membuat saus didihkan, diatas api yang berukuran sedang sambil aduk-aduk sampai matang. angkat, dan saring.
6. Terakhir serabi pisang dengan saus siap untuk disajikan.
Itulah resep kue serabi pisang, yang merupakan makanan khas tradisional yang sudah matang serta siap buat dinikmati. kue serabi pisang ini sangat nikmat dan lezat jika dinikmati selagi panas. tetapi kalau anda pengen membawanya buat oleh-oleh maka anda mampu menyusun-nya dengan menggunakan daun pisang, maupun digulung dengan satu persatu lalu dibungkus menggunakan daun pisang.