Cara membuat kue wajik ketan betawi yang enak

Kue wajik ketan betawi ini merupakan salah satu masakan khas indonesia, yang memiliki warna hitam, hijau, serta cokelat. kue wajik ketan betawi ini juga mempunyai citarasa yang sangat manis dan enak, untuk anak-anak, mereka mungkin tidak mengenal kue wajik ketan betawi, tetapi yang paling utama menggunakan bahan dasar beras ketan. namun buat anda semua pasti masih ingat dong bagaimana kenikmatan dari kue wajik ketan betawi khas indonesia ini. kue wajik ketan ini mempunyai beberapa jenis kue, misalnya wajik ketan pandan, wajik ketan nangka, wajik ketan hitam, serta wajik ketan yang lain-nya.

Cara membuat kue wajik ketan betawi, resep kue wajik ketan betawi

Namun dengan banyaknya aneka jenis cemilan modern yang masuk ke daerah kita, memang resep kue wajik ini sekarang tidak sepopuler dengan aneka jenis resep kue yang lain-nya. namun sebagaian orang indonesia, telah seharusnya kita mengenalkan resep kue wajik ketan betawi ini kepada anak-anak anda semua. bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajik ketan betawi ini sangat gampang sekali didapatkan lho!! tetapi sayangnya harus membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah untuk lebih jelasnya silahkan anda simak dibawah ini resep kue wajik ketan betawi yang enak.


Bahan-bahan untuk bikin kue wajik ketan betawi:
 - Siapkan ketan putih sebanyak 1 kg, dicuci sampai bersih, kemudian direndam semalam
- Siapkan air panas yang sudah mendidih sebanyak 300 ml
- Siapkan gula merah sebanyak 1 kg, lalu diiris hingga halus
- Siapkan kelapa yang sudah diparut sebanyak 500 gr, kemudian dikukus
- Siapkan daun pandan sebanyak 2 lembar, disobek, kemudian disampulkan
- Siapkan garam halus sebanyak 1/2 sendok teh

Cara membuat kue wajik ketan betawi yang enak:
1. beras ketan dicuci sampai bersih, tiriskan. lalu kukus pada panci pengukusan yang panas, sekitar setengah jam sampai setengah matang. kemudian angkat
2. Air didihkan diatas api yang berukuran kecil. lalu masukan ketan kukus, diaduk-aduk sampai airnya meresap. angkat serta kukus kembali ketan sampai matang. angkat
3. Gula merah dipasak dengan daun pandan, kelapa parut, serta sedikit garam diatas api yang berukuran sedang sampai gula larut serta mengental.
4. Ketan kukus dimasukan secara bertahap-tahap sambil diaduk-aduk sampai merata. lalu api dikecilkan, masak lagi sambil diaduk sampai mengental serta berminyak. kemudian angkat
5. Ketan panas dituangkan pada wadah maupun tampah diameter 24 cm, yang sudah dialasi dengan daun pisang. lalu ratakan sambil tekan-tekan sampai padat. sesudah dingin, dipotong dengan ukuran 4x4 cm.
6. Terakhir wajik sudah siap untuk disajikan.
Nah itulah resep kue wajik ketan betawi yang enak, serta mempunyai rasa yang sangat manis, serta cara membuatnya pun sangat gampang sekali, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. namun bahan-bahan yang diperlukan sangat gampang kho dan sangat mudah untuk didapatkan. buat memotong kue wajik ketan betawi ini harus benar-benar dingin agar potongan-nya rata. yang lebih baik pisau yang akan digunakan buat memotong harus diolesi dengan sedikit minyak sebab kue wajik ketan ini mempunyai tekstur lengket. nah jika anda sudah mengerti dengan cara membuatnya, maka silahkan anda untuk mencoba membuatnya dirumah anda masing-masing.