Cara membuat ayam balado ala padang yang lezat

Sajian ayam balado ini merupakan sebuah sajian yang nikmat yang berasal dari daerah padang. saat kita menyantap masakan padang, maka seluruh masakan akan terasa sangat nikmat. bumbu yang meresap sampai tulang serta kuah kental yang mempunyai rasa pedas, yang susah untuk kita lupakan. ayam balado yang satu ini dapat kita jumpai di berbagai macam warung makan padang, mulai dari warung sederhana sampai warung makan yang sangat mewah. seluruh masakan akan terasa susah buat ditinggalkan. ayam balado ini merupakan olahan ayam yang dibuat dengan menggunakan sambal balado yang sangat pedas serta berwarna merah. yuk langsung saja kita simak resep dan cara membuat ayam balado ala padang yang lezat, beserta bahan pelengkap dan langkah-langkah pembuatan-nya.

Cara membuat ayam balado ala padang, resep ayam balado ala padang yang lezat

Bahan-bahan untuk bikin ayam balado ala padang:
  • Siapkan ayam kampung sebanyak 1 ekor
  • Siapkan minyak goreng
  • Siapkan jeruk nipis sebanyak satu buah
Bumbu yang akan dihaluskan:
  • Siapkan bawang merah sebanyak 7 buah
  • Siapkan cabai merah sebanyak 10 buah
  • Siapkan cabai rawit sebanyak 8 buah
  • Siapkan garam
Cara membuat ayam balado ala padang yang lezat:
1. Ayam dipotong menjadi 4 maupun 6 bagian menurut selera anda.
2. Ayam dicuci hingga bersih serta tiriskan pada mangkuk supaya tidak ada air lain.
3. Sesudah tiris, lalu olesi seluruh bagian ayam dengan menggunakan air jeruk nipis buat menghilangkan bau amis serta biarkan sampai seluruh air jeruk nipis meresap keseluruh bagian daging ayam.
4. Rebus seluruh daging ayam dengan menggunakan wajan sampai lunak (anda dapat menambahkan air apabila sesudah air mengering).
5. Sesudah ayam lunak, maka angkat serta letakan pada mangkuk.
6. Wajan dipanaskan yang telah dikasih minyak goreng.
7. Ayam digoreng sampai matang serta berwarna kekuningan.
8. Panaskan minyak buat menumis seluruh bumbu yang telah dihaluskan.
9. Masukan daging ayam serta masak sampai seluruh bumbu pedas meresap dengan merata ke daging ayam.
10. Angkat serta sudah matang, dan hidangkan.
Seperti itulah resep ayam balado ala padang yang lezat, enak, dan menggugah selera. bagaimana tidak terlalu sulit bukan? dalam pembuatan ayam balado ini memang sangat mudah sekali dan bahan yang digunakan-nya pun sangat sederhana dan sangat mudah buat kita dapatkan disekitar kita, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama, dalam melakukan proses pemasakan-nya. Nah apabila anda mencoba membuatnya dirumah bersama keluarga besar maupun teman-teman anda, dijamin deh pasti rasanya akan lebih nikmat lagi dibandingkan dengan makanan yang lain-nya. Selamat menguji coba semoga sukses.