Cara membuat keripik nangka renyah dan enak

Buah-buahan biasa-nya sering dijadikan sebagai dodol. tetapi semakin kreatif-nya dunia kuliner, membuat semua orang berlomba-lomba untuk membuat ide baru. sekarang ini sudah banyak orang yang mengolah buah-buahan menjadi makanan ringan seperti keripik. bahkan buah yang termasuk pada kategori buah basah seperti buah nangka-pun dapat diolah menjadi keripik yang renyah dan enak. mungkin sebagian dari anda pernah mencicipi keripik buah nangka ini, dan ataupun sebagian dari anda ada juga yang belum pernah mencicipi atau-pun melihat keripik buah nangka ini.

Cara membuat keripik nangka renyah, resep keripik nangka renyah dan enak

Keripik nangka sebetul-nya memang sudah terkenal sejak lama di indonesia. buah nangka tidak hanya dapat dinikmati secara langsung, tetapi buah nangka juga dapat kita olah menjadi cemilan keripik nangka. keripik nangka memiliki ciri khas, yaitu memiliki citarasa yang cukup manis dengan tekstur yang renyah. langsung sajakita simak bersama-sama cara membuat keripik nangka renyah dan enak, dibawah ini.

Bahan-bahan untuk bikin keripik nangka:
  • Siapkan buah nangka segar yang tidak terlalu matang sebanyak 1 kg
  • Siapkan air sebanyak 1 1/2 kg
  • Siapkan kapur sirih sebanyak 100 gram
  • Siapkan garam sebanyak 75 gram
  • Siapkan gula pasir sebanyak 150 gram
  • Siapkan minyak goreng sebanyak 2 liter
Cara membuat keripik nangka renyah dan enak:
1. Kupas buah nangka, kemudian bersihkan kulit beserta jerami-nya. belah daging buah lalu keluarkan biji-nya lalu potong-potong ujung-nya.
2. Kemudian rendam buah nangka pada larutan air kapur sirih selama 5 jam.
3. Cuci bersih buah nangka dan tiriskan sampai benar-benar kering.
4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang, sebaik-nya buah nangka dijemur terlebih dahulu selama 5 jam.
5. Setelah itu masukkan pada mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) menggunakan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90 CC.
6. Kemudian goreng sampai matang dan buih pada minyak semakin mengecil dan berkurang. lalu angkat dan tiriskan (dapat menggunakan peniris minyak, supaya keripik tidak mudah tengik).
7. Terakhir, simpan keripik nangka pada wadah atau toples kedap udara agar rasa gurih serta renyah-nya tetap terjaga.
Informasi tambahan: penambahan rasa pada keripik, dapat dilakuakan sebelum buah nangka digoreng, kita dapat menambahkan gula pasir,garam,ataupun madu.

Nah selesai-lah sudah resep keripik nangka renyah dan enak yang kami bagikan diatas. bagaimana apakah anda telah memahami-nya? apabila anda tertarik, maka silahkan untuk segera membuat-nya sendiri dirumah, menggunakan panduan resep yang kami bagikan ini. Selamat mencoba