Cara membuat kue pepe mangkuk lembut dan enak

Kue pepe mangkuk adalah merupakan kue khas betawi yang memiliki citarasa enak dan manis, dengan tekstur yang lembut dan kenyal. kue pepe mangkuk ini masih dapat kita jumpai dipasar-pasar tradisional. untuk membuat kue pepe ini tidak memerlukan bahan-bahan yang begitu banyak. nah bagi anda yang ingin mencoba resep kue pepe mangkuk ini, langsung saja kita simak bersama-sama cara membuat kue pepe mangkuk lembut dan enak, seperti dibawah ini.

Cara membuat kue pepe mangkuk, resep kue pepe mangkuk lembut dan enak

Bahan-bahan untuk bikin kue pepe mangkuk:
  • Siapkan santan dari 2 buah kelapa sebanyak 1.250 ml
  • Siapkan daun jeruk sebanyak 12 helai
  • Siapkan daun pandan sebanyak 2 helai
  • Siapkan gula pasir sebanyak 600 gram
  • Siapkan garam sebanyak 1 sdt
  • Siapkan minyak secukup-nya untuk olesan
  • Siapkan tepung kanji sebanyak 500 gram
  • Siapkan tepung beras sebanyak 100 gram
  • Siapkan pewarna warna hijau sebanyak 5 tetes
  • Siapkan pewarna warna merah sebanyak 5 tetes
Cara membuat kue pepe mangkuk lembut dan enak:
1. Masukkan santan pada panci,kemudian tambahkan daun jeruk,daun pandan,gula serta garam kedalam-nya. jerang diatas api sedang. kemudian timba-timba santan sampai mendidih (jangan sampai pecah), lalu angkat dan sisihkan.
2. Didihkan air dalam dandang. kemudian olesi 24 mangkuk kecil ukuran +50 ml menggunakan minyak goreng, lalu masukkan pada dandang dan biarkan sampai panas. sementara itu, masukkan tepung beras dan tepung kanji pada wadah dan tuangi sedikit demi sedikit santan hangat sambil terus diaduk-aduk sampai adonan tercampur rata dan licin.
3. Kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. bubuhkan pewarna hijau pada satu bagian adonan, dan pewarna merah pada adonan yang lain, sedangkan 1 adonan lagi biarkan berwarna putih.
4. Tuangkan 1 sdm (+ 50 ml) adonan merah pada setiap cetakan, kemudian tutup dandang menggunakan tutup yang sudah dibungkus menggunakan serbet atau kain yang besih. dan kukus selama 3 menit kemudian buka tutup dandang. tuang 1 sdm adonan putih diatas adonan merah dan kukus lagi selama 3 menit. ulangi melapis dengan adonan hijau dan terakhir dengan 1 sdm adonan warna merah.
5. Teruskan mengukus selama 15 menit sampai seluruh kue matang, dan angkat. biarkan kue sampai agak dingin kemudian keluarkan dari cetakan.
Itulah tadi resep kue pepe mangkuk lembut dan enak. bagaimana mudah bukan? dan apakah anda tertrik? apabila anda tertarik maka silahkan untuk segera membuat-nya sendiri dirumah dan ditambah dengan kreasi serta variasi sendiri. Selamat mencoba semoga bermanfaat.