Cara membuat lapis tepung beras kenyal dan nikmat

Kue lapis adalah merupakan makanan khas indonesia yang memiliki citarasa yang manis dan enak, dengan tekstur yang kenyal dan lembut. kue lapis ini disukai oleh banyak orang dari mulai anak-anak,para remaja, hingga orang tuapun menyukai makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ini. memang sudah banyak yang menjual lapis tepung beras ini, namun ada baik-nya apabila anda membuat-nya sendiri dirumah. langsung saja kita simak bersama-sama cara membuat kue lapis tepung beras kenyal dan nikmat.

Cara membuat lapis tepung beras, resep lapis tepung beras kenyal dan nikmat

Bahan-bahan untuk bikin lapis tepung beras:
  • Siapkan santan dari 1/2 buah kelapa sebanyak 1.000 ml
  • Siapkan garam sebanyak 1 sdt
  • Siapkan daun pandan sebanyak 3 helai, kemudian robek-robek dan ikat sampul
  • Siapkan minyak goreng untuk olesan secukup-nya
  • Siapkan tepung beras sebanyak 250 gram
  • Siapkan tepung kanji sebanyak 100 gram
  • Siapkan gula pasir sebanyak 300 gram
  • Siapkan air daun pandan dan air daun suji sebanyak 50 ml
  • Siapkan pewarna makanan warna merah secukup-nya
Cara membuat lapis tepung beras kenyal dan nikmat:
1. Masukkan santan,garam dan daun pandan pada panci, jerang diatas api, dan masak diatas api sampai mendidih lalu angkat dan sisihkan. didihkan air dalam dandang. dan olesi loyang persegi ukuran 20x20x5 cm dengan minyak, sisihkan.
2. Campurkan tepung beras,tepung kanji,serta gula pasir dan aduk sampai merata. tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan licin.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian. campurkan 1 bagian dengan air daun suji-pandan, dan satu bagian lagi dengan pewarna merah dan biarkan satu bagian berwarna putih.
4. Didihkan air pada dandang, masukkan + 100 ml adonan hijau pada loyang, kemudian kukus dalam dandang dengan tutup yang telah dibungkus serbet selama 5 menit sampai adonan mengeras. dan tuangi pula 100 ml adonan putih dan ratakan.
5. Kemudian kukus kembali sampai mengeras (+ 5 menit), kemudian masukkan 100 ml adonan merah, kemudian ulangi melapis sampai semua bahan habis, tutup dandang, dan kukus kembali selama 25-30 menit sampai semua bahan matang.
6. Terakhir, angkat dan keluarkan dari dandang dan dinginkan, keluarkan kue dari loyang lalu potong-potong bentuk wajik menjadi + 24 potong (atau sesuai selera).
Itulah resep lapis tepung beras kenyal dan nikmat, bagaimana sudah mudah bukan? apabila anda tertarik maka silahkan untuk segera membuat-nya sendiri dirumah. Selamat mencoba.