Cara membuat lemang manis isi pisang yang nikmat

Banyak sekali jajanan atau makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. jika biasa-nya anda menikmati lemang dengan rasa asin dan gurih, tetapi seiring berkembang-nya jaman, kini lemang juga ada yang bercitarasa manis dan enak, yaitu lemang manis isi pisang. lemang manis isi pisang disini memiliki citarasa yang enak dan manis. lemang adalah jajanan khas dari daerah sumatera. nah bagi anda yang ingin mencoba lemang bercitarasa manis, bisa kok. silahkan anda simak cara membuat lemang manis isi pisang yang nikmat.

Cara membuat lemang manis isi pisang, resep lemang manis isi pisang yang nikmat

Bahan-bahan untuk bikin lemang manis isi pisang:
  • Siapkan beras ketan putih sebanyak 250 gram
  • Siapkan daun pandan sebanyak 3 helai
  • Siapkan daun suji sebanyak 12 helai
  • Siapkan air kapur sirih sebanyak 1/2 sdt
  • Siapkan air sebanyak 30 ml
  • Siapkan santan dari 1 buah kelapa sebanyak 150 ml
  • Siapkan gula pasir sebanyak 50 gram
  • Siapkan garam sebanyak 1 sdt
  • Siapkan daun pisang untuk membungkus secukup-nya
  • Siapkan pisang raja sebanyak 4 buah, kemudian kupas
Cara membuat lemang manis isi pisang yang nikmat:
1. Cuci ketan terlebih dahulu sampai bersih. dan rendam selama 1 jam,tiriskan lalu kukus sampai setengah matang, lalu angkat dan pindahkan pada panci.
2. Iris daun pandan serta daun suji, kemudian tumbuk dan tambahkan air dan peras air-nya sebanyak 50 ml, jika kurang tambahkan air kembali secukup-nya. lalu bubuhkan air kapur sirih, kemudian aduk.
3. Masukkan santan,gula serta garam dalam panci, jerang diatas api. dan masak sambil diaduk sampai mendidih, lalu angkat, masukkan air daun pandan-suji dan aduk merata, kemudian tambahkan santan pada panci ketan, dan aduk sampai cairan-nya terserap.
4. Didihkan air pada dandang, bagi adonan ketan menjadi 4 bagian. kemudian ambil selembar daun pisang, simpan satu bagian adonan ketan diatas-nya, lalu ratakan. simpan 1 buah pisang ditengah-tengah ketan, kemudian gulung sampai pidang tertutup adonan ketan. tekan-tekan ujung-nya sampai padat. kemudian semat ujung daun menggunakan lidi.
5. Kemudian masukkan ketan bungkus pada dandang, lalu kukus sampai matang, kemudian angkat.
6. Biarkan sampai dingin, kemudian potong-potong beserta daun-nya ukuran 2 cm atau sesuai selera anda.
Nah begitu-lah resep lemang manis isi pisang yang nikmat. apabila anda tertarik, maka silahkan untuk segera membuat-nya sendiri dirumah, semoga anda dan keluarga menyukai resep yang kami bagikan ini. dan semoga anda terinsfirasi oleh resep-resep yang selalu kami bagikan untuk anda semua. Selamat menguji coba semoga berhasil :-)