Cara membuat sayur lodeh kacang panjang yang lezat

Sayur lodeh adalah sayur yang sangat dikenal oleh kalangan masyarakat luas. sayur lodeh ini adalah sayur yang selalu dijadikan santapan sehari-hari oleh para ibu rumah tangga. sayur lodeh yang berkuah santan pedas ini mempunyai citarasa yang begitu segar ketika disajikan sebagai menu makan siang dengan nasi putih serta lauk pauk. di berbagai daerah sayur ini juga dihidangkan ketika hari raya bersama lontong maupun ketupat. terdapat segala variasi bahan dasar yang dipakai yaitu kacang panjang, tempe, labu siam, terong, daun melinjo serta yang lain-nya. dalam kesempatan kali ini kami akan mengajak para bunda buat mengulas mengenai sayur lodeh kacang panjang yang lezat.

Cara membuat sayur lodeh kacang panjang, resep sayur lodeh kacang panjang yang lezat

Dalam pengolahan sayur lodeh ini sangat gampang sekali dengan bahan-bahan yang murah meriah serta bisa dibeli di pasar tradisional. memang sayur yang enak ini tidak mempunyai nama yang presticius, cuman bisa-biasa saja dan bahan dasar yang biasa-biasa pula, namun masalah kenikmatan-nya serta gizi tidak boleh dipandang sebelah mata ya bunda. sebab labu siam serta kacang panjang yang dijadikan bahan dasar pada masakan ini terbukti mempunyai kandungan gizi yang harus dimakan supaya tubuh kita semakin lebih sehat.

Sayur panjang adalah salah satu semacam sayur-sayuran yang mempunyai kandungan protein nabati yang cukup tinggi. disamping itu kacang panjang juga mempunyai vitamin E, vitamin B, kalsium, zat besi, serta kalium serta labu siam ini mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi, folat, dan pangan. Nah daripada anda semakin penasaran dengan resep dan cara membuatnya maka yuk kita simak bersama-sama resep dan cara membuat sayur lodeh kacang panjang yang lezat beserta bahan pelengkap dan langkah-langkah pembuatan-nya.

Bahan-bahan sayur lodeh kacang panjang:
  • Siapkan kacang panjang sebanyak 150 gram
  • Siapkan labu siam sebanyak 150 gram
  • Siapkan santan kental sebanyak 500 gram
  • Siapkan minyak goreng sebanyak 2 sdm, buat menumis
  • (Anda bisa menambahkan bahan yang lain-nya semisal daun melinjo maupun tempe)
Untuk bumbu:
  • Siapkan bawang putih sebanyak 3 siung
  • Siapkan bawang merah sebanyak 6 buah
  • Siapkan caba merah besar sebanyak 5 buah
  • Siapkan cabai rawit merah sebanyak 3 buah
  • Siapkan lengkuas sebanyak 1 iris
  • Siapkan daun salam sebanyak dua lembar
  • Siapkan gula merah sisir sebanyak 2 sdm 
  • Siapkan penyedap rasa serta garam seperlunya
Cara membuat sayur lodeh kacang panjang yang lezat:
1. Potong kacang panjang sekitar 3 cm, cuci hingga bersih kemudian tiriskan
2. Potong labu siam pada bentuk persegi panjang, cuci hingga bersih kemudian tirikan.
3. Iris bawang putih bersama bawang merah, cabai rawit serta cabai merah
4. Kemudian memarkan lengkuasnya
5. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang sudah diiris dengan daun salam serta lengkuas smpai romanya harum serta matang, lalu masukan kacang panjang diaduk-aduk hingga tercampur dengan rata.masak selama 5 menit.
6. Masukan santan kelapa, diaduk-aduk sampai merata. masak sela 10 menit lalu masukan potongan labu siam bersama garam, gula merah, seta penyedap rasa, diaduk-aduk sampai merata, masak sampai mendidih serta semua bahan matang. angkat.
7. Hidangkan pada mangkuk sayur.
Begitulah resep sayur lodeh kacang panjang yang lezat, nikmat menggugah selera. Selamat menguji coba semoga berhasil.