Cara membuat selai srikaya yang lezat

Selai srikaya makanan yang berbentuk manisan yang selalu dihidangkan sebagai pelapis roti. dengan citarasa-nya yang manis pekat biasanya anak-anak yang menjadi peminat sejati selai srikaya yang satu ini. untuk anda semua yang mempunyai si buah hati di rumah resep yang kami berikan ini sangat cocok sekali buat anda dan sediakan hidangan-nya untuk mereka. cara membuat selai srikaya ini dibuat dari bahan yang paling utama buah srikaya. selai biasanya diolah dari bahan gula, santan, dan telur. berbeda sekali dengan orang indonesia yang menamakan-nya selai srikaya.

Cara membuat selai srikaya, resep selai srikaya yang lezat

Orang singapura serta malaysia menyebutnya dengan sebutan kaya toast buat lumuran roti. selai srikaya ini mempunyai variasi warna semisal coklat oranye maupun hijau, tergantung pada tingkat kematangan gula warna dari kuning telur sampai menambahan bahan esens pandan. dalam melakukan proses pembuatan srikaya ini sebetulnya cukup gampang buat diikuti, cuman saja cara memasaknya yang tergolong sedikit susah. tetapi apabila bunda telah terbiasa membuatnya akan semakin lebih gampang lagi jika membuatnya sendiri dirumah.

Selain hemat anggaran, juga dapat menyehatkan sebab kita dapat memilih bahan-bahan pembuatan-nya. Anda ingin tahu bagaimana resep dan cara membuatnya? kalau ya maka tenang saja anda enggak usah khawatir sebab pada kesempatan kali ini kami akan memberikan resep dan cara membuat selai srikaya yang lezat beserta bahan pelengkap dan langkah-langkah pembuatan-nya. Silahkan anda simak di bawah ini dengan benar.

Bahan-bahan untuk bikin selai srikaya:
  • Siapkan santan kental sebanyak 200 cc
  • Siapkan gula jawa sebanyak 50 gram, iris halus
  • Siapkan kuning telur sebanyak 4 butir, kemudian kocok lepas
  • Siapkan daun pandan sebanyak 3 sampai 4 lembar, kemudian dipotong "dapat juga menggunakan esens pandan seperlunya"
  • Siapkan gula pasir sebanyak 3 sdm
Cara membuat selai srikaya yang lezat:
1. Campurkan pandan bersama santan serta gula dalam wajan serta panaskan dengan menggunakan api yang berukuran sedang sambil diaduk-aduk, hal ini buat meminimalisir adonan santan yang gampang pecah.
2. Lalu matikan api saat campuran itu mulai mendidih.
3. Sesudah itu, ambil adonan campuran santan sedikit kemudian tuangkan dalam telur yang telah dikocok sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata.
4. Sesudah itu, tuangkan kembali adonan campuran telur dalam panci yang telah berisi santan yang sudah dicampur bersama bahan-bahan diatas. kemudian panaskan dalam api yang berukuran sedang sambil diaduk terus menerus.
5. Apabila telah 5 menit, maka campuran sedikit kental kemudian kecilkan api, lalu masak lagi hingga mencapai kekentalan yang anda semua inginkan.
6. Lalu matikan api, kemudian dinginkan serta taruh selai yang telah jadi dalam botol yang tertutup.
7. Siap untuk dihidangkan.
Seperti itulah selai srikaya yang lezat, bagaimana sangat gampang bukan? Nah jika anda tertarik maka langsung saja anda untuk segera mencoba mempraktekkan-nya dirumah. Selamat mencoba dan menikmati.